Seputar Fotografi

Tulisan Ringan Seputar Fotografi

Artikel ini berisi tulisan ringan yang membahas seputar fotografi ada yang umum untuk diketahui dan ada juga yang mungkin hanya mereka yang berniat untuk memperdalam fotografi dengan cara belajar yang mengetahuinya. Hal inilah yang seringkali membedakan antara foto kamu dengan foto orang yang sekedar suka selfie untuk dikoleksi di dalam gadget mereka. Kecuali kalian termasuk manusia bermata “cantik”  yang secara otomatis bisa melakukan framing hanya dengan kedipan mata, tidak ada salahnya meneruskan membaca artikel ini.

StepanFoto / Pixabay

Contoh di atas adalah contoh foto yang sangat mengindahkan kaidah komposisi “rule of third”. Lalu apa bagusnya foto ini? Bisa jadi hanya kebetulan jadi seperti ini. Walaupun saya tidak kenal sama fotografernya (silahkan buka di Pixabay), tapi setahu saya sampai saat ini belum ada kamera yang bisa membuat framing bujur sangkar. Kecuali dengan bantuan app di handphone tentunya. Foto yang kelihatan sederhana ini justru menjadikan kesederhanaan itu sebagai faktor yang menjadikan foto ini indah.

Ada yang ikut menjadikan foto ini bisa menarik, misalnya persiapan sang fotografer yang membentuk jarum panjang dan jarum pendek ke jam 10:10 (walau saya tidak mengerti kenapa dia justru tidak merubah posisi jarum jam yang utama). Mungkin itu menariknya, secara seni itu kan subjektif.

Foto kamu juga bisa sebagus ini kalau kamu paham komposisi dan lighting (bukan lightning!). Bisa dilihat kalau lighting datang dari sisi bawah kanan. Sedangkan kita tahu  biasanya jam dinding berada di tempat yang tinggi. Jadi ada kemungkinan kalau pemotretan dilakukan dengan kondisi jam berbaring di lantai, atau lighting di arahkan dari bawah kanan. Seandainya ini cahaya natural, setinggi apa ya jam ini? Dan mungkin fotografernya harus berada di atas tangga.

Yang bisa kita sadari juga dari foto yang sedang kita bahas ini adalah tidak adanya refleksi sang fotografer di jam dinding itu. Apakah kaca penutupnya dilepas sebelum difoto seperti pembuatan foto produk kacamata pada model? Hal ini bisa menjadi bahan latihan kita. Cara paling mudah adalah dengan melakukan pemotretan dari samping dan kemudian diperbaiki perspektifnya dengan bantuan software.

MichaelGaida / Pixabay

Foto dengan refleksi sang fotografer di atas ini justru memanfaatkan hal yang dihindari saat membuat foto jam dinding di atas. Dengan cerdasnya fotografer ini membut frame in frame pada fotonya.

Kalau menurut saya pribadi, tidak ada istilah membuat foto yang benar dan juga yang salah selama hasil foto itu bisa dinikmati dan diapresiasi oleh pasar yang dituju. Bisa jadi sebuah foto yang tidak berguna untuk seorang fotografer makanan justru jadi berguna di tangan seorang food blogger.

Selain cara membuat sebuah foto, yang juga bisa kamu pelajari adalah bisnis fotografi itu sendiri. Misalnya cara pemasaran dan cara melayani client. Seperti kita tahu bersama, mendapatkan client baru itu lebih mudah daripada mendapatkan returning client. Ada kalanya returning customer tidak diharapkan ada, misalnya di fotografi pernikahan. Bisa-bisa kita dianggap nyumpahin pengantin supaya nikah lagi. Apalagi di bisnis foto funeral, jangan harap deh yang sudah meninggal minta difoto lagi.

Yang perlu diingat, seringkali fotografi yang baik itu bukan yang diminta oleh client. Saat kita sudah yakin dan hobi bermain dengan komposisi, client malah complain soal foto mereka yang miring-miring.

Saran terakhir saya adalah untuk tidak terlalu berlebihan dengan peralatan fotografi yang kalian miliki. Kenapa? Karena kalau kalian tiba-tiba berganti hobi, tidak semua barang bekas kalian dibutuhkan oleh fotografer lain.

Baca Juga:

1. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Fotografi

2. http://www.kelasfotografi.com/2015/05/10-pengetahuan-dasar-fotografi-yang.html?m=1

3. https://student.cnnindonesia.com/edukasi/20160622123221-317-140065/mempelajari-fotografi-dan-menjadi-fotografer/

4. http://www.kamerashot.com/belajar-komposisi-foto/

5. http://m.liputan6.com/tag/fotografi

6. https://www.hipwee.com/travel/12-trik-sederhana-fotografi-dengan-peralatan-yang-ada-di-rumah-cuma-3-menit-hasilnya-begitu-mewah/

7. http://www.infofotografi.com/

8. https://shopee.co.id/Fotografi-cat.154

9. https://business.idntimes.com/economy/reza-iqbal/7-tips-memulai-bisnis-fotografi-1/full

Seputar Fotografi

You May Also Like

Bagaimana pendapat kalian?